Seorang ilmuwan menemukan seni untuk mengkloning dirinya dengan begitu sempurna, membuat orang tak dapat membedakan kloningnya dari dirinya yang asli. Suatu hari, ia mendengar malaikat maut mencarinya. Maka, ia segera menciptakan selusin kembaran dirinya. Malaikat bingung, tak bisa mengetahui yang mana dari 13 sosok di hadapannya yang merupakan sang ilmuwan. Maka, ia meninggalkan mereka semua dan pulang ke surga.

Posted on Rabu, Mei 30, 2012 by Dewa

No comments



Mempertahankan karyawan berkualitas kian lama kian sulit saja. Kini orang lebih loyal kepada dirinya sendiri ketimbang pada perusahaan. Inilah yang disebut life-time employability, jadi bukan lagi life-time employment. Bahkan, orang Jepang yang dulu terkenal dengan life-time employment-nya kini lebih mementingkan kepuasan kerja daripada kesetiaan pada perusahaan.

Posted on Selasa, Mei 29, 2012 by Dewa

No comments





Apakah soft skill membantu kita mendapatkan pekerjaan di bursa kerja hari ini? Pertanyaan ini diajukan beberapa peserta pelatihan dan lokakarya yang kami lakukan baru-baru ini. Soft skill telah menjadi istilah yang populer, mengacu pada kemampuan nonkuantitatif seseorang, seperti cara dia menyampaikan berita buruk pada orang lain, menegosiasikan kenaikan gaji dan memimpin tim. Kemampuan ini berlawanan dengan hard skill, seperti akuntansi, desain web dan mekanika mobil.
Nyatanya, saya mengamati bahwa soft skill tak hanya berguna, tapi juga sangat penting guna mendapatkan dan mempertahankan pekerjaan di bursa kerja hari ini.

Posted on Minggu, Mei 27, 2012 by Dewa

No comments





Hidup menghasilkan cerita, cerita menghasilkan hidup. Mungkin itu yang bisa dipelajari dari rangkaian perjalanan hidup yang demikian panjang. Dari zaman prasejarah sampai sekarang, hidup memang menghasilkan banyak cerita. Dari kisah Mahabarata sampai cerita Amerika Serikat menyerbu Irak. Sebaliknya, cerita-cerita tadi juga yang memproduksi hidup kemudian. Bila ceritanya perang dan kebencian, hidup kemudian juga ditandai oleh perang dan kebencian. Jika ceritanya cerita cinta, bunga cinta juga mekar di mana-mana.

Posted on Sabtu, Mei 26, 2012 by Dewa

No comments

Bila anda yang sehari-harinya selalu berhadapan dengan layar komputer, lindungi diri anda dari radiasi komputer. Mata yang terus menerus menatap layar komputer akan menjadi kering karena saat Anda menatap monitor, frekuensi mata untuk berkedip berkurang. Efeknya pandangan mata menjadi kabur. Selain itu akan timbul gangguan sakit kepala dan sakit leher atau bahu.
Dampak lain yang sering ditimbulkan oleh radiasi komputer adalah seperti munculnya kerutan, lingkaran hitam di bawah mata, kulit kering dan mengelupas.

Posted on Jumat, Mei 25, 2012 by Dewa

No comments


Tahukah anda, banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh dari bumbu masak.  Selain untuk penyedap masakan bumbu masak bisa digunakan untuk mempercantik rambut. Tentunya, mungkin ada bahan perawatan rambut yang bersembunyi di antara bumbu-bumbu masakan di dapur.
Selebriti Sienna Rose Miller pernah mengungkapkan, kalau dirinya menggunakan saus tomat untuk memperbaiki rambut pirangnya yang berubah hijau saat menggunakan pewarna henna.

Posted on Kamis, Mei 24, 2012 by Dewa

No comments


Bila kita mendengar kata lemak, maka yang terbayang dalam piliran kita adalah gemuk, berbagai penyakit menyerang dan harus dihindari. Padahal tidak selamanya lemak buruk bagi tubuh. Karena bagaimanapun juga, konsumsi lemak tetap dibutuhkan sebagai sumber energi. Namun yang perlu diperhatikan, ada beberapa jenis yang terdapat dalam makanan.

Posted on Rabu, Mei 23, 2012 by Dewa

No comments


Rencana pemerintah untuk melakukan penyatuan zona waktu dengan memilih GMT+8 atau Waktu Indonesia Tengah, secara umum mendapatkan dukungan dari semua pihak, dan akan diberlakukan tahun ini juga, paling tidak hal tersebut diutarakan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa, yang sudah di rilis oleh berbagai media online. Lebih lanjut beliau menuraikan bahwa penyatuan zona waktu ini akan memiliki dampak postif terhadap pertumbuhan ekonomi bangsa Indonesia karena Jutaan tenaga kerja akan berkeja secara bersamaa dalam waktu yanag sama.

Posted on Sabtu, Mei 19, 2012 by Dewa

No comments


Penyakit diabetes (tipe 1 dan tipe 2) ternyata tidak hanya dapat menimbulkan masalah serius pada kesehatan fisik. Gangguan pada kadar gula darah ini juga ternyata dapat memengaruhi emosi, yang pada gilirannya mengacaukan pengendalian diabetes itu sendiri.

Penyakit diabetes, terutama tipe 2, sejak lama dikaitkan dengan depresi. Tetapi sejauh ini, belum jelas bagaimana keduanya saling memengaruhi. Apakah depresi memicu diabetes atau diabetes menyebabkan orang mengalami depresi. Penelitian terbaru pada pasien diabetes tipe 1 menemukan, kadar gula darah yang melonjak pada satu jangka waktu tertentu dapat memicu produksi hormon terkait dengan perkembangan depresi.

Posted on Jumat, Mei 18, 2012 by Dewa

No comments



Siapa yang suka melihat tubuhnya ditimbuni lemak??
Selain menurunkan penampilan, kelebihan lemak tersebut patut diawasi, jangan sampai merugikan kesehatan. Jika memungkinkan, sebaiknya kita juga melakukan hal-hal yang bermanfaat untuk membantu mengurangi timbunan lamak tersebut. Bukankah bentuk tubuh yang ideal dan seimbang merupakan dambaan kita juga?

Posted on Selasa, Mei 15, 2012 by Dewa

No comments


Ketergantungan terhadap ponsel merupakan penyakit yang cukup kronis. Banyak manusia yang lebih memilih untuk berinteraksi dengan gadget-nya daripada dengan orang sekitar. Coba perhatikan di mal, restoran atau dimanapun, orang lebih tertuju ke layar ponselnya ketimbang melihat keadaan sekitar.

Ketergantungan pada ponsel dapat berakibat negatif. Jika Anda ingin melepas ketergantungan terhadap ponsel atau gadget-gadget lainnya, ikuti 3 tips mengurangi ketergantungan ponsel berikut ini.

Posted on Minggu, Mei 13, 2012 by Dewa

No comments


Dalam sehari batas minimal asupan serat yang dibutuhkan tubuh adalah sekitar 25 gram. Namun, sampai saat ini asupan serat masyarakat Indonesia masih tergolong sangat rendah, yaitu antara 10-15 gram per harinya. Artinya, masyarakat belum banyak mengonsumsi buah dan sayuran untuk mendapatkan manfaat seratnya. Entah karena kurang suka dengan jenis buah yang tersedia, atau bosan dengan penyajiannya.

Posted on Jumat, Mei 11, 2012 by Dewa

No comments


Semua orang tentu ingin memiliki gigi yang bersih dan napas yang berbau segar. Tidak jarang banyak orang langsung menggosok giginya setelah makan. Padahal, justru menggosok gigi sesaat setelah makan akan membuat gigi rusak. Idealnya menyikat gigi sehabis makan dilakukan 20 menit kemudian.

Menurut penjelasan Prof drg Melanie Djamil, pakar kesehatan gigi dan mulut dari Universitas Trisakti Jakarta, tingkat keasaman saliva (ludah) akan menurun saat kita makan. "Ketika makan, pH akan turun dari yang normalnya 6,8 menjadi 4. Namun, secara perlahan-lahan, pH-nya akan naik kembali dalam waktu sekitar 20 menit," paparnya.

Itu sebabnya, jika kita terburu-buru menyikat gigi setelah makan, maka struktur saliva akan rusak. Padahal, saliva ini memiliki fungsi sebagai penyeimbang dan membantu proses pencernaan. Untuk menetralkan kadar keasaman mulut, drg Melanie menyarankan agar kita berkumur dengan air putih setelah makan. Berkumur dengan air putih setelah makan, khususnya makanan manis dan asam, juga disarankan untuk mengurangi jumlah bakteri di dalam mulut.

Sebenarnya penyebab napas berbau pada makanan adalah makanan yang menghasilkan uap minyak dengan bau khas yang kuat, misalnya bawang merah dan bawang putih. Ada juga sayuran dan rempah yang bisa menyebabkan napas berbau busuk. Setelah makanan tersebut dicerna, uap makanan itu diserap dan ikut dengan peredaran darah dan dibawa ke paru-paru. Di sini gas itu ikut diembuskan bersama napas.

Posted on Kamis, Mei 10, 2012 by Dewa

No comments

Pembentukan massa tulang di usia muda sangatlah penting. Tujuanya agar datangnya proses keropos tulang pada saat manula bisa diperlambat atau bahkan dihindari. Sebetulnya, penyakit ini dapat terjadi pada semua orang tanpa kecuali, yang membedakan hanyalah perberbedaan waktu terjadinya dan tingkat keparahannya saja.

Apa sebetulnya osteoporosis itu dan bagaimana terjadinya?
Osteoporosis terjadi karena massa tulang yang berkurang. Akibatnya tulang menjadi kurang padat, rapuh dan mudah patah terutama pada bagian pergelangan tangan, pinggul dan tulang belakang. Penyakit ini berkembang sangat lamban, dan berjalan seiring dengan bertambahnya usia. Itulah sebabnya penyakit ini relatif sulit dikenali sejak dini.

Mengapa wanita lebih besar peluangnya terkena osteoporosis?

Menurut para ahli, timbulnya osteoporosis berhubungan dengan perubahan fungsi hormonal pada wanita. Ini juga berkaitan erat dengan siklus haid atau menstruasi. Sebab, indung telur wanita mampu memproduksi hormon estrogen, dan hormon estrogen inilah yang menjaga agar tulang tidak keropos. Itulah sebabnya mengapa wanita pasca-menaupose paling rawan terhadap penyakit ini.

Faktor apa saja yang mempengaruhi laju terjadinya osteoporosis?

Kebiasaan makan dan gaya hidup mempengaruhi laju terjadinya. Tulang di tubuh kita merupakan jaringan hidup yang sebagian besar dibentuk oleh kalsium, sehingga beberapa kebiasaan makan dan gaya hidup yang buruk dapat memberikan pengaruh negatif terhadap penyerapan kalsium oleh tubuh. Misalnya,
Konsumsi serat yang berlebihan dapat menganggu penyerapan mineral terutama kalsium dan sejumlah vitamin. Walaupun serat terbukti banyak manfaatnya bagi kesehatan, tetapi mengkonsumsi secara berlebih juga tidak baik.
Penggunaan obat-obatan tertentu secara berlebih dan dalam jangka waktu yang lama juga dapat menghambat penyerapan kalsium (antasid, diuretik, tetrasiklin dan heparin). Bila terpaksa harus menggunakannya, konsumsi kalsium harus ditingkatkan untuk mengatasi ketidakefisienan penyerapan kalsium.
Kebiasaan merokok, minum minuman alkohol, minuman berkafein (teh, kopi), dan minuman bersoda juga dapat menghambat penyerapan kalsium.

Bagaimana cara menghambat datangnya osteoporosis?

Dengan memaksimalkan pembentukan massa tulang pada masa remaja. Caranya: Konsumsi kalsium dalam jumlah yang cukup. Olah raga secara teratur dan mengubah kebiasaan makan. Sedapat mungkin kebutuhan harian kalsium harus terpenuhi dari bahan makanan yang baik mutunya, mudah dicerna, diserap dan digunakan oleh tubuh.

Posted on Kamis, Mei 10, 2012 by Dewa

No comments

Sampai kapanpun, tidur adalah salah satu istirahat yang paling ideal bagi tubuh. Tapi yang harus dihasilkan dari tidur berkualitas Anda, yaitu nyenyak dengan waktu yang cukup. Sayangnya, tidur nyenyak itu gampang-gampang susah, apalagi buat orang yang stress nya tinggi. Simak penuturan Nia (29), Account Manager, berikut,

"Dulu kata ibu saya tidur saya seperti 'tidur ayam', memejamkan mata dan berbaring, tapi dengan pikiran yang melayang-layang. Begitu bangun tidur kepala saya terasa sangat pusing. Saat memeriksakan diri, dokter mengatakan saya terkena imsonia akut".

Perlu diketahui, imsonia bukanlah suatu penyakit! Tapi merupakan kondisi dimana seseorang kurang jam tidurnya, yang menyebabkan ia tidak dapat merasa segar kembali saat terbangun. Gejalanya tidak dapat tidur meskipun merasa tubuh terasa amat lelah. Penyebabnya bisa beragam, seperti:

Gangguan hormonal (biasanya menjelang menstruasi karena otak menyesuaikan diri dengan rendahnya tingkat progesteron dan estrogen),
Masalah psikologis (depresi dan stres),
Jet lag
Gangguan lingkungan (teman tidur yang mendengkur atau berisik).Akibatnya, selain tubuh dan pikiran mengalami penurunan tingkat kosentrasi dan daya ingat secara dratis, otak juga akan mengalami gangguan saat menerima informasi yang masuk. Sehingga performa Anda terhadap pekerjaan menjadi memburuk. Berpikir semakin lambat, diiringi perubahan mood dengan sangat cepat pada akhirnya sistem kekebalan tubuh terganggu.

Joan Shaver, Ph.D seorang pengajar dari fakultas perawatan di Universita Illinois memberikan nasehatnya untuk Anda:

1. Biasakan diri untuk pergi dan bangun tidur dengan jadwal yang sama. Tubuh memiliki body clock yang disebut circadian rhythm. Kemudian hypothalamus mengontrolnya dalam dasar otak untuk membentuk perubahan disetiap hari antara tidur dan bangun Anda. Sebagai saran, jauhkan letak jam weker, agar Anda tidak terobsesi dengan waktu.

2. Cobalah mandi dengan air hangat 2 jam sebelum tidur. Alasannya, temperatur tubuh memiliki pengaruh kuat pada cepat tidaknya Anda tidur. Semakin rendah temperatur tubuh Anda maka semakin mudah Anda memejamkan mata.

3. Hindari makan sebelum tidur karena ini akan merangsang kerja pencernaan sehingga Anda terjaga sepanjang malam. Kerja pencernaan dapat meningkatkan temperatur tubuh sehingga tubuh dan otakpun 'terpaksa' harus bekerja. Usahakan jangan terlalu kenyang saat makan malam.

4. Susu hangat sebelum tidur akan mengundang rasa kantuk. Kandungan kalsium dalam segelas susu dapat membuat tubuh merasa rileks. Susu juga kaya akan tryptophan yang dapat dirubah menjadi serotonin alami yang dapat mendatangkan kantuk.

5. Membaca novel atau mendengarkan musik lembut lebih efektif merangsang kantuk dibanding menonton film atau surfing internet, karena 2 hal terakhir ini malah akan merangsang otak untuk tetap 'terbangun'.

6. Segelas alkhol atau anggur (jangan lebih) membantu Anda untuk tidur lebih cepat, itu karena kedua minuman tersebut dapat menjadi reseptor otak yang mengakibatkan kantuk.

7. Menuliskan tugas-tugas Anda untuk esok hari bisa membantu Anda menghabiskan malam tanpa khawatir akan tugas esok hari. Selain pikiran tenang otak mampu beristirahat dan menghentikan kekhawatiran sepanjang malam.

8. Jika pengganggu tidur Anda adalah rasa tidak enak pada perut, cobalah mengatasinya dengan cara mengganjal kepala Anda dengan bantalhingga posisi kepala lebih tinggi dari dada.

9. Masih sulit tidur? Bercintalah dengan pasangan! Ada bukti ilmiah yang mengatakan dengan kuat bahwa orgasme mampu mendorong keluarnya endorphins (zat kimia yang dikeluarkan oleh otak untuk bertindak sebagai pain killer yang efektif).

10. Kebersihan dan aroma ruangan juga dapat membantu tidur yang nyenyak. Jaga ventilasi kamar agar baik dan bersuhu sejuk dan tidak lembab. Berikan wewangian aroma terapi beraroma lavender pada ruangan. Tidur dengan lampu temaram juga akan banyak membatu.

11. Pasang musik klasik atau new age sebelum tidur. Penelitian di Universitas Louisville menemukan bahwa kedua jenis musik ini bisa membantu Anda untuk tidur dengan lebih baik

12. Posisi tidur juga berpengaruh pada nyenyak tidaknya Anda tidur. Posisi miring ke arah perut dengan kaki menyilang merupakan posisi yang enak untuk tidur. Juga, Anda dapat mengambil bantal tambahan dan diletakkan diantara kedua lutut sehingga sehingga posisi menjadi lebih nyaman.

13. Sejukkan pikiran dengan menutup mata dan berdo'a. Bayangkan suasana yang menyejukkan jiwa dan pikiran. Seperti, padang rumput yang sejuk dan tenang, sinar matahari yang hangat dengan angin sepoi-sepoi.

Selamat tidur….!

Posted on Kamis, Mei 10, 2012 by Dewa

No comments


Masyarakat kebanyakan kerap mempertanyakan kebenaran dan keabsahan fengsui. Tak sedikit dari mereka mempertanyakan, apakah fengsui masuk dalam pengetahuan atau kepercayaan? Pertanyaan ini sulit diterangkan oleh orang yang tidak benar-benar mendalami fengsui dalam bingkai pengetahuan yang sebenarnya.

Ilmu fengsui sebagai cara penyelarasan hidup manusia dengan lingkungan dimana dia tinggal, menjadi aturan ekosistem yang dianut masyarakat Tiongkok purba sejak 4700 tahun lalu. Aturan tersebut berkembang dan tumbuh dalam lingkaran tradisi yang divariasikan mengikuti kebudayaan dari suku dan masyarakat yang menggunakannya. Dari pengetahuan, akhirnya fengsui dianggap sebagai kepercayaan dan klenik, bahkan ada yang menganggapnya sebagai ajaran agama tertentu.

Posted on Selasa, Mei 08, 2012 by Dewa

No comments

Apakah smartphone Android Anda hanya memiliki memori kecil, lambat dan boros baterai? Tips berikut akan membantu Anda mengatasai masalah tersebut. Setelah mengikuit setiap langkah yang kami berikan ini Anda bahkan bisa install sekitar 75 aplikasi (masing-masing 1MB) dan masih memiliki storage sisas 15MB. Anda juga akan mendapatkan smartphone Android Anda lebih responsif dan baterai bisa bertahan 1 hingga 2 hari.

1. Disable wifi dan bluetooth

Anda bisa install WiFi OnOff widget. Setelah install dari Android Marker, tekan dan tahan pada homescreen, pilih “Widget” lalu “WiFi OnOff”. Aktifkan WiFi jika Anda benar-benar memerlukannya. Untuk memastikan Anda tidak lupa mematikan WiFi saat tidak ada sinyal WiFi, install WiFi status. Anda tidak harus menjalankan aplikasi ini karena aplikasi ini akan bekerja saat terinstall.

Anda juga perlu disable Bluetooth saat tidak membutuhkannya. Jangan lupa juga untuk disable GPS meski tidak begitu penting karena GPS hanya memerlukan daya baterai saat aplikasi seperti Google Maps dijalankan.


2. Disable on-screen keyboard

Disable on-screen keyboard melalui Settings > Locale & text > Android keyboard. Ini akan membuat ponsel lebih responsif. Hal ini hanya bisa dilakukan jika Anda memakai smartphone Android yang memakai phisical keyboard. 

3. Disable sync

Sejumlah low-end Android smartphone menjadi tidak responsive selama proses sinkronisasi. Jika itu terjadi pada Android smartphone Anda maka Anda bisa disable Sync secara default dan mengaktifkannya secara manual menggunakan AutoSync OnOff.

4. Sync hanya pada calendar Anda

Buka Calendar, pilih Menu > More > My calendars > Menu > Remove calendars. Pilih semua calendars kecuali calendar pribadi Anda lalu klik OK. Dengan mengatur Calendar Anda tidak hanya akan menghemat pemakaian memori tetapi sinkronisasi juga akan bisa lebih cepat. Jangan hanya disable calendar lain tetapi juga perlu untuk remove calendar tersebut.

5. Sync hanya pada inbox

Sejumlah pengguna Android smartphone memilih tidak menggunakan Gmail app karena tidak cukup efektif saat harus menerima ratusan email per hari. Tapi jika Anda menggunakan Gmail app, sinkronisasikan hanya pada inbox saja, tidak semua label. Untuk mengaturnya bukan Gmail app, pilih Menu > Settings > Labels. Sync pada angka mimimum dari hari dan label.

6. Kurangi screen brightness

Install free Brightness Level widget.

7. Matikan proses yang tidak terpakai

Install TasKiller dan matikan semua proses yang tidak Anda butuhkan. Android secara otomatis akan mematikan proses saat RAM melambat tapi hal itu biasanya terlmbat dilakukan karena ponsel telah terlanjur melambat.

8. Pindahkan konten ke /cache atau SD card (untuk expert)


Sejumlah tips di atas bisa Anda lakukan dengan aman dan dijamin tidak membahayakan ponsel Android Anda. Tapi jika Anda masih kekurangan memory maka perlu rooting ponsel Android Anda sehingga akan tersedia lebih banyak memory. Lakukan dengan dengan cara memindahkan konten ke /cache atau SD card.



9. Reboot

Jika kekurangan memory atau ponsel menjadi sangat tidak responsif, cobalan rebooting.

Semoga tips di atas bisa membantu Anda para pengguna Android smartphone pemula sehingga Android devices Anda bisa befungsi optimal.



Sumber: indrahutapea.blogdetik.com

Posted on Selasa, Mei 01, 2012 by Dewa

No comments

Yang Paling Dicari